Gagasan

Ada banyak cara bagaimana suatu gagasan terbentuk. Bagaimana cara yang paling ideal, menurut hemat saya, sebuah gagasan berawal?

Manusia memiliki pikiran, akal. Yang membedakan mereka dengan makhluk lainnya. Setiap saat kita berpikir. Terlebih pada saat kita mendapatkan stimulus. Stimulus hari ini muncul dengan cara yang acak, random. Stimulus tersebut tentunya tidak berurutan.

Pengalaman membekali kita suatu point of view dan frame berpikir. Melalui belajar banyak hal, kita dapat mengaitkan banyak hal dengan lugas. Dan dengan cepat pula kita dapat mengeliminasi stimulus atau informasi yang tidak penting.

Mengapa ada informasi yang tidak penting. Seorang guru pernah berkata, “informasi itu seperti tubuh, ada otot, tulang, dsb. Namun adapun ‘fat’ adalah informasi yang tidak penting”. Dapat diketahui bahwa fat harus dibakar. Dan bukan berarti pula fat tersebut tidak berguna. Ia digunakan untuk sumber energi setelah karbohidrat yg digunakan habis. Oleh karenanya, fat dalam konteks informasi pun berguna untuk memberi backup terhadap maksud dari informasi. Akan tetapi, tetap harus dibakar.

Setelah kita dapat mengaitkan berbagai stimulus tersebut, barulah kita kemudian dapat mengeliminasi fat tersebut, sampai akhirnya kita menemukan the whole point dari the whole random information. Akan selalu ada point penting dari sekelumit stimulus yang berdatangan. Dan tentunya hal ini dapat 1,2,3.. Sebanyak suatu deret aritmatika.

Point yang dimaksudkan tersebutlah yang kita sebut gagasan. Gagasan, yang dapat berupa suatu hal resesif maupun heroik yang itu kemudian dapat dijabarkan melalui pandangan bahkan sikap.

Happy sunday.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: